INILAH AKU, SAYA DAN ME

Jumat, 22 Januari 2010

CATATAN KULIAH MAGISTER (1)

CATATAN KULIAH MAGISTER (1)

Sekarang adalah masa-masa liburan semester ganjil, huh lega rasanya setelah enam bulan berkutat dengan buku-buku yang tebal, dibaca ditelaah setelah itu membuat makalah. Sampai mempresentasikan makalah tersebut didepan teman-teman satu kelas. Dan ternyata banyak hal unik, lucu, sedih ketika mempertanggungjawabkan tulisan masing-masing di dalam makalah yang dibagikan tersebut.
Kebetulan bermacam latar belakang mahasiswa di kelas kami, mulai dari universitas terkenal sampai dengan sebuah institut atau sekolah tinggi swasta saja di daerah asal mahasiswa tesebut. Dan menjadi satu kesatuan yang unik di dalam kelas, baik saat diskusi kelas yang ringan sampai perdebatan yang sengit, namun tidak membuat persahabatan dan nilai sportivitas luntur.
Satu hal yang tak bisa dilupakan juga, adalah latar belakang daerah masing-masing, ada yang dari gresik, jember, tuban, ngawi, sidoarjo, madura, dan aku sendiri dari kediri. Tidak heran jika anak madura kadang tidak mengerti bahasa jawa yang kami gunakan untuk berbicara dengan teman di luar madura. Begitu pula sebaliknya, mereka yang dari madura juga sering menggunakan bahasa asal mereka dalam percakapan santai dengan temannya, kami juga tidak mengerti sama sekali.
Kelas kami, adalah kelompak A dari konsentrasi Pendidikan Islam, yang kebetulan pada program reguler ini ada dua kelas, sehingga kelas dibagi menjadi dua kelas.Kebetulan aku masuk kelas A, yang konon katanya siswa aktif dalam mengikuti pelajaran, ini adalah pengakuan dari beberapa dosen yang mengajar kami,hehe..nggak sombong lah.
Selama mengikuti masa perkulihan semester awal ini, aku rasakan semnagat yang luar biasa dari temen-temen, baik yang sedang presentasi atau dari mereka yang aktif bertanya dan memberikan argumen sejalan atau beda pendapat dari isi makalah yang dipresentasikan tersebut. Kelas menjadi rame dan panas, tetapi kadang-kadang guyonan segar selalu muncul disaat diskusi sedang berlangsung, ya untuk mengurangi kepenatan dalam kelas tentunya,
Mengamati teman-teman yang lagi berbicara, menerangkan makalah, cukup memberikan rekaman menarik dalam otak, atau jika meminjam istilah dari profesor sholeh dalam hipokampus
Namun saat detik ini tiba, tulisan yang aku buat ini cukup memberikan gambaran menarik dalam otak yang sedang memikirkan cerita dan kenangan nyata ini. Tak heran, jika melewati masa semester pertama menjadi awal perkenalan masing-masing individu dalam kelas dan tentunya langkah awal adaptasi untuk menyesuaikan dengan tempat baru.
Untuk teman, sahabat, konco,rekan, bolo, friends dan sebutan lain yang tidak aku ketahui, ijinkanlah aku mengucap salam kepada kalian dan mengucapkan selamat datang kepada kalian semua. Orang-orang yang baru aku kenal selama satu semester ini, yang telah memberikan ruang dan waktu untuk menjalani kepingan waktu dalam kehidupan ini untuk mencari ilmu agung dari altar suci program pascasarjana IAIN Surabaya.
Untuk pak ketua kelas Hakim apa kabar pak? tugas yang berat tentunya mengingatkan semua anggota kelas A untuk maju presentasi melalui sms. Ada pula Abd Syukur yang dari madura, dengan logat madura yang cukup mencolok serta Busyahwi dan Durhan, mereka tergabung dalam trio madura tentunya, cukup memberikan semarak dan panasnya ruang kelas A. Ada juga bolo satu kos Haji Imam Wahyudi dengan mahkota putih kebesarannya serta brewoknya itu,. Tidak lupa ada Hisyam al-Anshori yang sedang sibuk dengan tanaman tebunya itu, wow petani masa depan rupanya, saat ini lagi menjalani cinta yang didambakannya. Lain halnya dengan Hisbullah Huda nama yang hampir sama dengaku, ucapan terima kasih untuk potongan rambutnya yang oke, doaq semoga lekas dapet momongan aja. Kepada Bahtiar yang lagi sibuk mengurus PONDOK PESANTREN SUNAN AMPEL, woww...semoga lancar-lancar aja mencari jodohnya. Untuk pak Husni yang pulang pergi Mojokerto - Surabaya demi menuntut ilmu di pasacasarjana, SEMANGAT PAK ,kayaknya terlalu capek nii, minum KUKUBIMA juga boleh tuh, Buat Pak Muklason, pemilik absen 17 di kelas A dan urutan akhir ini, Semoga Keluarganya bahagia dan tentram selalu, amin. Dan yang terkhir adalah aku yang cakep ini, michail huda dari kota tahu tercinta, yang sedang bercita-cita menjadi penulis dan pergi ke MCGiil atau ISTAc untuk bersemedi di ALTAR dua kampus itu, woww...
Tidak ketinggalan di kelompok cewek yang tergabung dalam Lima cewek A, semuanya mengaku masih gadis belum berumah tangga, tapi nggak tahu apakah sudah punya pacar atau belum ya ???hehe..Ada hefty, iqlima, ada jamilah, Dewi, Inayah ? pemain sinetron itu lo,hehe..Semangat untuk kalian semuanya dan lancar aja disemester dua nanti.
tercetak dengan baik reaksi setiap wajah saat presentasi. Ada yang menggunakan wajah biasa saja, datar saja, ada juga yang menunjukkan wajah garang atau bahkan wajah sedih, grogi lantaran dicerca pertanyaan yang bertubi-tubi dari teman yang lain dan tidak bisa memberikan jawaban dengan argumen yang kuat.

SALAM AKADEMISI, SALAM ISLAMICA, SALAM PRAMUKA !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar