INILAH AKU, SAYA DAN ME

Jumat, 22 Januari 2010

MENIKMATI LIBURAN, MENYALURKAN HOBI

MENULIS MENULIS DAN MENULIS

Kemajuan sebuah peradaban ditandai dengan kemampuan peradaban tersebut untuk meninggalakan sebuah prasasti yang menceritakan tentang kejadian masa itu. Peradaban yang maju adalah peradaban yang memiliki banyak sumber tulisan tentunya, sehingga generasi setelah dapat mempelajari segala sesuatu yang terjadi saat itu.

Zaman sejarah dan prasejarahpun dipisahkan dengan diketemukannya prasasti bertulis dan belum diketemukannya tulisan. Maka sebagai manusia berperadaban, seharusnya manusia menuliskan semua yang dilakukan, dan dirasakan sekarang ini, sebagai peninggalan sejarah untuk anak cucunya kelak.

Ada ungkapan menarik ketika saya MA dulu, kebetulan suka baca karya sastra gitu. Ada cerita menarik ketika, menjadi penulis itu bisa kaya. Dan kerjanya juga enak, nggak harus menggunakan tenaga yang berat. Saat itu tokoh yang begitu menginspirasi untuk terus menulis adalah pak Jhony aryadinata, pada saat itu saya membaca kisahnya di sebuah majalah milik temen, ternyata melihat awal beliau menjadi penulis memang ,tidak gampang gitu. Sudah nulis ratusan cerpen tetapi semua nya nggak dimuat atau malah dikembalikan. Sampai suatu ketika salah satu cerpen beliau dimuat di KOMPAS. Sampai akhirnya mendapat penghargaan juga kalo tidak salah cerpen tersebut. Maka semnagat untuk menulis makin tumbuh dan membara sejak saat itu, dan jadilah pak jhony menjadi penulis yang ternar dan dapat duit banyak tentunya.

Dan sekarangpun, dengan adanya media blog, semua orang bisa menjadi seorang penulis, baik untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain. Tulisannya bisa dimuat tanpa harus melalui proses editing dari redkasi karena blog ini milik sendiri.
Ingat tidak penulis blog yang pada akhirnya jadi penulis kondang namanya Raditya, itu lo si Kambing Jantan, kisahnya yang dalam blog itu pada akhirnya menjadi sebuah buku dan diterbitkan.

Rasa-rasanya indonesia yang punya penduduk bejibun gini, masih kekurangan penulis . Jika dihitung dengan perbandingan saja, setiap satu bulan paling cuma terbit 5 sampai 13 buku. Biasalah realitas industri buku, biasanya memang selera masyarakt itu sulit untuk ditebak bukan.
Tapi nggak usah khawatir, apapun tulisan kamu-kamu, yang penting tulis aja di blog. Hari kini nggak punya blog, gawat.Blog bisa dimanfaatkan untuk apa aja, mulai dari nulis tugas makalah gitu sampai promosi usaha atau bisnis mandiri.Hebatkan,...he

Tetapi sekarang,para bloger pada lagi pindah ke FB, lantaran nulis di blog itu butuh waktu yang lebih lama dari pada di FB.Ini juga itungan ekonomis juga seh, rata-rata kalo ngenet lama ya bayarnya juga banyak.Apalagi sekarang ini, tidak ada layanan blog pada fitur-fitur HP keluaran terbaru, dan buang pulsa banyak juga ya.Tak apalah, ya jadi bloger juga jadi faceboker gitu, jadi YMer,deelel...

Sekarang memang lagi marak fitur jejaring sosial di dunia maya, bahkan kekuatan dunia maya sekarnag juga tidka bisa diremehkan.
Selamat datang para penulis muda INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar