INILAH AKU, SAYA DAN ME

Jumat, 22 Januari 2010

HIDUP MERDEKA ???

HIDUP MERDEKA ???

Apakah anda sudah merdeka?
Apakah anda merasa merdeka ?
Apakah anda tidak merdeka ?
Apakah anda punya arti kemedekaan ?

Ini lagi punya banyak waktu buat posting tulisan, mumpung otak nggak lagi mikir tugas dan proyek fiktif,hehe (kayak koruptor saja)

Jika dihitung dari tanggal kemerdekaannya pada 17 agustus 1945, Republik Indonesia memiliki usia 65 tahun. Angka yang cukup untuk berbuat banyak hal dan memang sudah dilakukan dan terus dilakukan pemerintah sampai detik ini. Pendeknya, tidak ada pemerintahan independen tanpa kemerdekaan tentunya, mengingat indonesia pernah dijajah oleh bangsa-bangsa eropa beratus tahun lamanya, sampai mengalami masa yang cukup mengenaskan dan memilukan.

Saat ini kemerdekaan telah dicapai oleh indonesia, namun banyak hal yang masih dalam tahap mengejar dan membangun. Apa itu ? Kemerdekaan rupanya belum juga didapat. Sekarnag penjajah sudah tidak ada di republik ini secara fisik, tetapi secara ekonomi, sospol, media, pendidikan, pola pikir, gaya hidup, semua ya semuanya terjajah oleh barat atau istilah ringannya westernisasi.

Dengan jelas kita bisa lihat disekitar kita, kemerdekaan itu belum dinikmati oleh rakyat kecil dan mereka-mereka sedang mengalami keterjajahan. Baik secara fisik atau secara mental. Tidak akses yang bisa mereka manfaat untuk mengadukan ansib hidup dan kekurangan, kesulitan dalam hidup kepada pemerintah seperti layaknya pada zaman penjajah rakyat bawah yang selalau menjadi korban mereka yang kuat.

Apa asumsi yang dapat saya lihat sekarang?
Sebagai manusia berakal, tentu orang pinter di republik ini tidaklah sedikit bukan? Tapi nayta-nyatanya orang pintar malah menjadi bodoh ketika mereka memasuki birokrasi atau sedang berurusan dengan birokrasi. Apa sebenarnya yang sedang terjadi ?? Ini pertanyaan bagus untuk dijawab oleh teman-teman dipascasarjana, ayo jawab??

Pola pikir kita sekarnag ini masih saja terjajah oleh dogma budaya nenek moyang kita. Walau saya dalam beberapa hal yang bagus juga setuju dengan dogma yang tidak melanggar aturan.
Anda pernah dengar slogan/pepatah/kata mutiara ini " DARI CARA KERJANYA, ORANG AKAN DIKETAHUI ISI OTAKNYA", kurang lebih seperti itu.
Ini artinya keunggulan manusia, adalah pada satu fungsi yang dimilikinya yaitu 'OTAK'.

Kemerdekaan yang saya maksud dan akan menjadi pembahasan disini adalah kemerdekaan otak, sebab dengan suasana kemerdekaan sekarang ini tidak menjadikan rakyat indonesia memiliki otak yang merdeka pula, ini bisa dilihat dalam pola kerja dan kecenderungan memaknai semua hal. Utamanya disini yang menyangkut mereka yang para alumni SMA , dan Perguruan Tinggi yang saat ini sedang berjuang mencari pekerjaan untuk dirinya.

Pertanyaanya, APAKAH TIDAK BOLEH MELAMAR PEKERJAAN SETELAH LULUS SEKOLAH/ KULIAH ?
jawabnya: TENTU BOLEH, siapa yang melarang. Siapa saja boleh melamar pekerjaan, bahkan mereka pada usia produktif diharuskan sebenarnya untuk memiliki pekerjaan, menimal bisa menghidupi dirinya sendiri, lebih-lebih bisa membantu orang tua malah bagus.

Pertanyaan, APAKAH ADA YANG SALAH DALAM HAL MENCARI PEKERJAAN ?
JAWABNYA, ternyata banyak alumni SMA dan PT dalam mencari pekerjaan tidak memiliki KEMERDEKAAN. Ini lumrah dan ini memang daya tawar mereka tidak ada sama sekali, apalagi mereka yang baru lulus belum memiliki pengalaman bekerja. Padahal banyak pekerjaan yang menyaratkan pelamar memiliki pengalaman pekerjaan untuk posisi tertentu. Karena perusahaan tidak mau mentraining lagi karyawan yang fressgraduate, ya paling ngirit ongkos training.

Pertanyaan, APA PEKERJAAN TERBAIK DI DUNIA INI?
JAWABNYA, Adalah pekerjaan yang bisa atur sesuai dengan keinginan anda sendiri, tanpa harus diperintah oleh atasan dan mematuhi aturan2 perusahaan.

APA SOLUSINYA UNTUK PEKERJAAN ITU?
ANDA HARUS MENJADI PRIBADI YANG MERDEKA, MENENTUKAN APAPUN YANG ANDA MAU, BAHKAN ANDA BISA MEMILIKI GAJI SESUAI YANG ANDA MAU TENTUNYA.

Bukankah itu tujuan orang bekerja, berada pada posisi finansial yang bagus dan posisi jabatan yang tinggi. Tetapi itu semua tidak akan bisa diraih tanpa anda menjadi seseorang yang merdeka dalam berpikir.

Maka apakah HIDUP ANDA SUDAH MERDEKA ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar